Contoh Program Kerja MPLS Tahun Pelajaran 2018/2019 SD, SMP, SMA, SMK

Program Kerja MPLS


Contoh Program Kerja MPLS 2018/2019 SD, SMP, SMA, SMK 
pada kesempatan kali ini khususnya untuk Panitia Penyelenggara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang berkewajiban menyusun Program Kerja dalam menunjang tugasnya. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS merupakan pembaruan dari program lama yang dulu kita kenal MOS / MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) yang banyak menuai kritik dari berbagai pihak. 

Agar pelaksanaan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ini bisa berjalan dengan baik tentunya harus dirancang sedemikian rupa dalam bentuk Program Kerja MPLS. Bagi yang membutuhkannya anda bisa mendapatkan Proker ini secara gratis melalui link yang disediakan dibawah.
Program Kerja MPLS

DAFTAR ISI PROGRAM KERJA MPLS


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
   A. LATAR BELAKANG
   B. LANDASAN DAN DASAR HUKUM
   C. TUJUAN
   D. SUSUNAN KEPANITIAAN MPLS T.P. 2018/2016
   E. MATERI YANG DISAJIKAN PADA MPLS
   F. DAFTAR PENYAJI MATERI / PEMANDU
   G. PESERTA MPLS
   H. WAKTU PELAKSANAAN
   I. RENCANA ANGGARAN BIAYA
PENUTUP 
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Berdasarkan Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru) ada 5 tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, dan pada masing-masing tujuan dapat diisi dengan berbagai kegiatan. Pada silabus PLS sudah tercantum nama kegiatan-kegiatan PLS baik yang wajib maupun pilihan.

Program Kerja MPLS


Jika mengacu pada Juknis tersebut, tujuan Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru adalah : 
  1. Mengenali potensi diri siswa baru; 
  2. membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; 
  3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai siswa baru; 
  4. mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya; 
  5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.


Semoga Contoh Program Kerja MPLS Tahun Pelajaran 2018/2019 SD, SMP, SMA, SMK ini dapat berguna bagi anda guru yang belum memiliki file ini. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD/ Mi, SMP/ Mts, dan SMA/ SMK/ MA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Sumber rppkurikulum2013sdsmpsma.com